'Kumpulan Berita Menarik '

Air Terjun Paling Unik Di Dunia | Clayton88

Clayton88

Kumpulan Berita Menarik

Powered by Blogger.

Air Terjun Paling Unik Di Dunia

Air Terjun Paling Unik Di Dunia - Air terjun merupakan keindahan alam yang terbentuk secara alami di dunia ini. Air yang mengalir dari dataran tinggi melalui sela-sela bebatuan, tanah, atau sungai, di mana arusnya ikut mengikis bebatuan dan tanah yang dilaluinya hingga tercipta celah dimana tempat mengalirnya air terjun.

Di dunia ini terdapat banyak air terjun alami yang menakjubkan. Di antaranya adalah Air Terjun Niagara di perbatasan Amerika Seriakt dan Kanada, Air Terjun Victoria di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, serta Air Terjun Angel di Venezuela.

Ketiga air terjun tersebut dikatakan sebagai sebagai air terjun terbesar dan tertinggi di dunia. Keitga air terjun tersebut memiliki arus yang deras dan menakjubkan sekaligus membahayakan. Meski demikian, masih terdapat air terjun indah lainnya di berbagai negara walaupun tidak sebesar air terjun Niagara dan Air Terjun Victoria. Berikut Air Terjun Paling Unik Di Dunia :

1. Air Terjun Mursala

Air Terjun Paling Unik Di Dunia


Air Terjun Mursala terletak di Indonesia. Air terjun Mursala merupakan objek wisata alam yang berada di Mursala, pulau yang terletak di antara Sumatera dan Pulau Nias. Air terjun Mursala menyimpan keunikan tersendiri karena aliran airnya tidak jatuh ke sungai atau kolam, namun langsung mengarah ke laut biru.

Tebing granit yang berwarna kemerahan, tempat air terjun tersebut mengalir berbentuk melandai seperti kemiringan bukit. Tebing air terjun Mursala memiliki kemiringan hampir 180 derajat. Di Indonesia hanya terdapat dua air terjun seperti itu yaitu Air terjun Kahatola di Maluku yang menjadi kebanggaan daerah Tapanuli.

2. Izvorul Bigar Romania

Air Terjun Paling Unik Di Dunia

Izvorul Bigar merupakan salah satu air terjun yang paling indah di Romania dan merupakan salah satu air terjun paling unik di dunia. Air terjun Izvorul Bigar terletak di barat daya perbatasan Romania, tepatnya di Taman Nasional Cheile Nerei-Beusnisa yang menghuni bagian selatan Pegunungan Anina, Caras-Severin County.

Keistimewaan dari air terjun Izvorul Bigar adalah pola jatuhnya airnya yang tidak biasa, menyebar dan jatuh dalam tetesan-tetesan kecil seperti hujan gerimis. Air terjun Izvorul Bigar berasal dari sungai musim semi yang bersumber dari gua di atas bukit yang kemudian mengalir hingga ke tebing Izvorul Bigar yang memiliki tinggi 8 meter yang ditutupi dengan lapisan lumut hijau sebelum pada akhirnya jatuh dan bergabung dengan aliran Sungai Minis di bawahnya.

3. Air Terjun Plitvice

Air Terjun Paling Unik Di Dunia

Danau Plitvice merupakan salah satu wisata Dunia yang terdaftar oleh UNESCO di Kroasia. Air Terjun Plitvice menjadi bagian dari Nacionalni Park Plitvicka Jezera atau dalam bahasa Indonesia Taman Nasional Danau Plitvice. Di danau Plitvice terdapat belasan air terjun yang mengalir di sela-sela tebing terjal dengan lapis lumut dan tumbuhan hijau.

Belasan air terjun kecil di Plitvice berakhir di danau-danau yang jernih sewarna batu turqoise (pirus) yang merupakan pertemuan antara beberapa sungai kecil serta sungai-sungai bawah tanah. Danau-danau tersebut dipisahkan oleh semacam bendungan yang terbentuk secara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, dan bakteri.

4. Eternal Flame Falls

Air Terjun Paling Unik Di Dunia

Nama air terjun unik ini dinamakan Eternal Flame Falls kerena di balik aliran air terjun Eternal Flame Falls tersebut tersimpan bara api kecil. Bara yang memiliki ukuran sebesar api lilin tersebut terjadi karena adanya fenomena yang memicu kebocoran gas alam di bawah air terjun.

Api tersebut sebenarnya tidak benar-benar abadi. Namun bara tersebut dapat menyala dalam waktu yang lama. Bara api di balik aliran air terjun tersebut dapat padam namun biasanya terdapat pengunjung yang berinisiatif untuk menyalakan kembali api tersebut. Meski demikian, api yang menyala di dekat air terjun tetap merupakan fenomena yang tidak mudah untuk dijumpai.

5. Air Terjun Asik-Asik

Air Terjun Paling Unik Di Dunia

Air terjun Asik-asik berada di Filipina, tepatnya di Alamada, Cotabato Utara. Air terjun Asik-Asik terlihat unik kerena airnya yang tidak mengalir dari sungai dataran tinggi, namun menyembur dari retakan-retakan tepian tebing yang ditutupi oleh tanaman hijau.

Seandainya dilihat sekilas, akan terlihat seolah-olah air terjun tersebut keluar secara ajaib dari celah-celah tumbuhan. Air terjun Asik-Asik terkenal jernih dan memiliki manfaat untuk penyembuhan penyakit. Karena itu terdapat banyak pengunjung yang meminum air terjun tersebut tanpa dimasak terlebih dahulu.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Air Terjun Paling Unik Di Dunia"

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Clayton88

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Dilarang ^-^

 
Copyright © 2015 Clayton88 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top