'Kumpulan Berita Menarik '

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal | Clayton88

Clayton88

Kumpulan Berita Menarik

Powered by Blogger.

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal - Natal akan datang, umat Nasrani pun tidak ingin ketinggalan buat berziarah dan merayakan hari besar kelahiran Yesus di dunia. Di Indonesia sendiri, ada sejumlah tujuan wisata religi yang terkenal menjelang Natal.

Berikut ini 6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal :

1. Patung Yesus Memberkati, Manado

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal

Bila Brasil memiliki patung Yesus 'Christo Redentor' di Rio de Janeiro, maka Indonesia juga memiliki Patung Yesus Memberkati di Manado, Sulut. Patung Yesus Memberkati adalah salah satu landmark religius di Manado. Patung Yesus itu berdiri sambil merentangkan tangan, seolah memberkati.

Patung Yesus Memberkati memiliki tinggi 50 meter dari permukaan tanah, serta terbuat dari 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja. Patung itu berdiri di atas sebuah bukit di daerah perumahan Citraland Manado. Jelang Natal, patung ini ramai didatangi.

2. Patung Bunda Maria Nilo, Maumere

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal

Indonesia tak cuma memiliki patung Yesus berukuran besar di Manado, namun juga patung Bunda Maria di Nilo, Maumere. Karena terlalu terkenalnya, penduduk sekitar dan turis menyebutnya dengan nama Patung Bunda Maria Nilo, mengikuti nama bukit lokasi patung itu berdiri.

Adapun nama asli patung itu merupakan Patung Maria Bunda Segala Bangsa. Patung Maria itu punya tinggi 28 meter dan terlihat jelas dari Kota Maumere dan Laut Flores. Tak jauh dari sana, bahkan terdapat Bukit Golgota dengan Salib Yesus berada di puncaknya.

3. Gereja Katedral, Jakarta

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal

Gereja Katedral Jakarta atau dipanggil juga Gereja Santa Perawan Maria yang Diangkat ke Surga, adalah salah satu pusat keramaian Natal di Jakarta. Gereja Katedral Jakarta adalah gereja yang kaya akan segi historis, sampai desainnya yang bergaya Gotik.

Perayaan Misa malam Natal di Gereja Katedral Jakarta memang populer paling meriah. Peristiwa kelahiran Yesus pun ditunjukkan dengan kedatangan palung yang khusus dibuat. Selain itu ada juga Museum Katedral yang menyimpan sejumlah relik penting.

4. Gereja Velangkanni, Medan

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal

Apabila nyaris ke daerah Tanjung Selamat di Medan, mungkin Anda bakal melihat bangunan mirip sebuah kuil India. Namun tunggu dulu, itu bukan kuil India, melainkan Gereja Velangkanni. Bentuk gereja yang seperti kuil itu memang banyak bikin orang salah sangka.

Gereja Katolik yang punya nama lengkap Graha Maria Annai Velangkani itu memang terbuka buat siapa saja. Gereja yang menjadi lokasi ziarah ini memang jadi wujud penghormatan kepada Bunda Maria yang dilakukan warga Tamil India di Velangkanni.

Pintu gerbang masuknya pun dihiasi oleh rumah adat Batak Toba dan Karo. Maksudnya merupakan untuk menandakan kalau tidak ada perbedaan, terlebih gereja ini berada di Medan. Letak Gereja Velangkanni terdapat di Taman Sakura Indah, Jalan Sakura III No 7-10, Tanjung Selamat, Medan.

5. Lembah Karmel Cipanas, Cianjur

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal

Lembah Karmel di Cipanas pun jadi tujuan wisata religius terakhir buat Natal ini. Aslinya, Lembah Karmel Cipanas adalah lokasi retret yang dikelola oleh Ordo Carmelite Santae Eliae (CSE) dan Putri Karmel (P. Karm). Jelang Natal, tak sedikit yang menyepi atau retret ke Lembah Karmel.

Udara yang sejuk dan alamnya yang hijau, jadi alasan bagi banyak orang buat datang ke sini. Lembah karmel ibaratnya oase untuk umat Nasrani yang merindukan ketenangan dan kedamaian batin.

6. Gua Maria Tritis, Gunungkidul

6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal

Daerah Gunungkidul memang populer akan wisata gua, salah satunya merupakan keberadaan Gua Maria Tritis. Uniknya, Gua Maria Tritis dahulu dianggap angker. Adapun usai disulap jadi gua Maria, banyak peziarah yang datang ke sini.

Sejarahnya, pada tahun 1974 jelang Natal, Romo Hardjosudarmo SJ yang terbiasa bikin gua Maria dari kertas, mendengar ide akan keberadaan gua angker dari muridnya. Bukannya takut, Sang Romo justru berminat dan menjadikannya gua Maria. Nama Tritis sendiri diambil dari ungkapan Jawa akan air yang menetes.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "6 Tujuan Wisata Religi Saat Natal"

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Clayton88

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Dilarang ^-^

 
Copyright © 2015 Clayton88 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top