'Kumpulan Berita Menarik '

5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia | Clayton88

Clayton88

Kumpulan Berita Menarik

Powered by Blogger.

5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia

5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia - Transplantasi biasa dilakukan buat mengganti organ tubuh yang sudah rusak dengan organ yang masih baru dari donor. Prosesnya bisa memakan waktu berjam-jam dan belum tentu berhasil 100 persen oleh sebab itu beberapa yang sukses bisa dikatakan adalah pencapaian yang sangat luar biasa.

Namun seiring perkembangan teknologi medis organ-organ yang dapat ditransplantasi juga semakin banyak. Banyak pencapaian yang sebelumnya tak dapat dilakukan sekarang jadi cerita sukses.

Berikut ini 5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia :

1. Penis

5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia

Dokter di Afrika Selatan sukses menjadi yang pertama berhasil melakukan transplantasi penis di dunia. Operasi itu dijalankan pada pasien berusia 21 tahun yang kehilangan organ intim usai penyunatannya berakhir dengan kegagalan.

Operasi berjalan kurang lebih selama 9 jam pada bulan Desember 2014 dan adalah proyek pionir antara Tygerberg Hospital di Cape Town dan University of Stellenbosch. Tujuan dari proyek merupakan buat membantu sekitar 250 pria muda Afria Selatan yang setiap tahun kehilangan penis sebab menjalani prosedur sunat sembarangan.

2. Tangan

5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia

Will Lautzenheiser (40) kehilangan kedua tangan dan kakinya karena infeksi bakteri streptococcal di tahun 2011. Tapi akhir tahun 2014 ia menerima kabar gembira sebab ada donor langka yang menyumbangkan tangannya.

Tangan yang berasal dari donor anonim itu ditanam melalui operasi yang berjalan selama sembilan jam. Sebanyak 35 staf medis termasuk di dalamnya 13 ahli bedah terlibat ketika operasi.

Pasca operasi tangan yang masih dibalut perban itu dibilang oleh Lautzenheiser masih belum dapat berfungsi seutuhnya dan cuma baru bisa melakukan sejumalah gerakan sederhana. Namun ia tetap bersyukur sebab dapat mempunyai tangan yang utuh kembali. Ia mendeskripsikan pengalaman mempunyai tangan lagi sebagai hal yang sangat luar biasa dan sulit dipercaya.

3. Tengkorak

5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia

James Boysen (55) sehari-hari bekerja sebagai pengembang aplikasi dari Austin. Ia mengidap sejumlah jenis kanker kulit kepala dan juga tengkorak sampai beberapa pengobatan yang dijalaninya otomatis bikin luka menganga hingga otak bisa terlihat.

Pada 22 Mei ia pun menjalani proses transplantasi craniofacial yang dipimpin oleh ahli bedah plastik rekonstruktif Jesse Selber. Operasi memakan waktu sampai sehari penuh di Houston Methodist Hospital.

Karena ini adalah prosedur yang baru, perencanaan dan koordinasi transplantasi memakan waktu lebih dari dua tahun. Jumlah tenaga kesehatan yang terlibat juga tak sedikit sebab ada lebih dari 50 tenaga profesional termasuk di antaranya ahli bedah mikro, ahli bedah saraf, dan ahli bedah rekonstruktif.

4. Sel indra penciuman

5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia

Pada tahun 2014 tranplantasi sel indra penciuman dilakukan oleh ahli dari University College's London (UCL) kepada seorang pria dengan nama Darek Fidyka (38). Transplantasi dilakukan buat menyembuhkannya dari kelumpuhan akibat luka tusuk yang ia derita beberapa tahun yang lalu.

Teknik transplantasi ini adalah sebuah terobosan terbaru yang melibatkan transplantasi sel dari organ penciuman ke sumsum tulang belakang pasien buat membangun kembali 'jembatan saraf' antara dua ujung dari tulang belakang yang rusak.

Usai menerima transplantasi, Darek sudah memperlihatkan tanda-tanda perbaikan. Ia bisa berjalan kembali meskipun dengan alat bantu jalan berupa walker berkaki empat.

5. Jantung mati

5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia

Bukan perkara yang gampang melakukan tindakan operasi transplantasi jantung, terlebih dengan memakai teknologi canggih buat 'menghidupkan' kembali jantung yang tak berdetak. Oleh karena itu, tak heran rumah sakit ini menerima perhatian dari pemerintah Australia.

Rumah sakit yang dimaksud merupakan St Vincent's Hospital, Sydney. Tim dokter dari rumah sakit itu pasalnya sudah berhasil memakai jantung mati yang 'dihidupkan' lagi dengan cairan khusus. Jantung ini lalu ditransplantasi dan sudah menyembuhkan tiga orang pasien. Pasien itu antara lain Michelle Gribilas (57), Jan Damen (44) dan seorang pasien lagi yang masih dalam proses pemulihan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "5 Kisah Transplantasi Paling Berhasil di Dunia"

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Clayton88

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Dilarang ^-^

 
Copyright © 2015 Clayton88 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top