'Kumpulan Berita Menarik '

4 Museum Terunik di Indonesia | Clayton88

Clayton88

Kumpulan Berita Menarik

Powered by Blogger.

4 Museum Terunik di Indonesia

4 Museum Terunik di Indonesia - Takjub sampai kagum merupakan hal pertama yang akan Anda rasakan ketika datang ke empat museum berikut ini. Museum-museumnya layak disematkan sebagai Museum Terunik Di Indonesia, sebab koleksinya yang tak biasa. Keempat museumnya tersebar dari Belitung, Batu, Yogyakarta hingga Bali. Bila kebanyakan museum berisi sejarah bangsa baik itu dokumentasi atau peralatan zaman dulu, maka tak begitu dengan museum-museum ini.

Berikut ini 4 Museum Terunik di Indonesia :

1. Museum Tubuh Bagong, Batu

4 Museum Terunik di Indonesia

Di taman rekreasi Jatim Park 1, Jl Kartika No 2, Kota Wisata, Batu terdapat museum yang unik. Namanya Museum Tubuh Bagong, yang mengajak orang seolah masuk ke dalam tubuh manusia!. Ya, museum ini memang memiliki diorama tubuh manusia yang lengkap. Anda dapat masuk ke bagian otak, gigi, jantung, paru-paru dan lainnya. Bentuk ruangannya dibikin semirip mungkin dengan organ tubuh manusia. Tak ketinggalan, informasi tiap-tiap organnya pun dapat diketahui.

Museum Tubuh Bagong memang sarat edukatif. Tapi supaya tidak bosan, pihak museum bikin sejumlah permainan seru di dalamnya seperti terdapat permainan panjat tebing yang papannya mirip otak dan fasilitas pemeriksaan mata gratis. Kalau lapar, singgah saja ke Cafe Gigi yang bentuk kafenya mirip gigi manusia. Tiket masuk Museum Tubuh Bagong adalah sebesar Rp 40 ribu ketika weekday dan Rp 60 ribu ketika weekend. Baik anak-anak sampai orang dewasa, dipersilakan memasuki Museum Tubuh Bagong ini. Siap-siap menjelajahi tubuh manusia!

2. Museum Kata Andrea Hirata, Belitung

4 Museum Terunik di Indonesia

Nama Belitung mulai naik pamor sebagai tujuan wisata. Selain hamparan pantai cantik di Belitung Barat, rupanya ada museum yang unik di Belitung Timur. Museum Kata Andrea Hirata namanya, yang dijuluki ‘Indonesia First Literary Museum’. Berdiri sejak tahun 2010, Museum Kata Andrea Hirata bagaikan surga untuk penikmat sastra dan pembaca buku.

Novel-novel karya Andrea Hirata, sang pendiri sekaligus novelis ternama, tersedia lengkap. Bahkan salah satu novelnya yang tersohor, Laskar Pelangi yang diterjemahkan ke dalam 20 bahasa dan diterbitkan di lebih dari 100 negara juga ada. cuplikan-cuplikan adegan filmnya yang diangkat ke layar lebar menghiasi ruangan. Beberapa kata-kata yang membakar semangat dan menyentuh hati juga menghiasi dinding-dinding ruangan. Seperti perkataan, ‘Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpimu’.

Museum Kata Andrea Hirata pun ikut menjaga dan mengenalkan kebudayaan khas Melayu di Belitung. Ada dapur khas Melayu di bagian belakangnya, dan juga Warung Kopi Kuli. Di sinilah, tersaji kopi khas Belitung yang mantap. Sambil menyeruput kopi, Anda bisa lebih mengenal budaya Belitung lebih dalam.

Belum puas? Masih banyak literary musik, fim, seni dan novel lainnya yang bisa dibaca. Harapan Andrea Hiarata, merupakan orang yang datang ke sana bisa membaca buku dan mendapat inspirasi. Sampai-sampai, disediakan ruangan khusus bernama ‘Panggung Ekspresi’, tempatnya siapa saja yang ingin membaca puisi, bernyanyi dan lainnya

Terakhir, Museum Kata Andrea Hirata mempunyai kantor pos. Anda diberikan peluang untuk menuliskan sejumlah pesan pada orang yang disayang pada secarik kartu pos, dan nanti staf museum akan mengirimkannya ke alamat yang dituju. Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Laskar Pelangi Nomor 7 di Desa Gantong, Belitung Timur. Dari Kota Tanjung Pandan, jarak tempuhnya kurang lebih dua jam naik mobil. Tiket masuknya gratis!

3. Museum Kerang, Bali

4 Museum Terunik di Indonesia

Siapa sangka, Bali juga memiliki salah satu Museum Paling Unik Di Indonesia. Inilah Museum Kerang yang terdapat di Jalan Sunset, Kuta. Satu-satunya museum kerang yang ada di Indonesia!. Punya luas 1.500 meter persegi, Museum Kerang terbagi dalam tiga bagian. Di lantai pertama, Anda akan melihat galeri indah berisi aneka aksesoris berbahan kerang. Dari pernak-pernik, pajangan dinding hingga lampu.

Di lantai dua, ada koleksi kerang dengan berbagai ukuran dari wilayah Indonesia dan sampai seluruh dunia. Yang menarik perhatian, merupakan fosil Orthoceras, kerang panjang berbentuk pipih yang diprediksikan berumur 395 juta tahun. Bahkan, terdapat fosil kerang paling besar di Asia yang dikatakan Crinions dengan diameter 1,4 meter dan berat 1,7 kilogram.

Sedangkan di bagian teratas, ada museum biota laut. Di lantai ini pula ada fosil aneka jenis bulu babi, hiu, bintang laut, dan lain-lain. Tiket masuk ke museumnya memang cukup mahal, sekitar Rp 50 ribu. Tapi pengalaman dan informasi yang didapat, akan sangat menambah wawasan soal dunia bawah laut.

4. Museum Anak Kolong Tangga, Yogyakarta

4 Museum Terunik di Indonesia

Memasuki Museum Anak Kolong Tangga di Yogyakarta, artinya memasuki ruang nostalgia kembali ke masa anak-anak. Karena di sinilah, Anda akan melihat mainan tradisional Indonesia dan dari sejumlah negara di dunia. Di beberapa sudut museumnya tersimpan rapi aneka mainan tradisional. Ada congklak, engrang, gasing, balon busa hingga kuda-kudaan kayu.

Tiap langkah kaki di dalam museumnya, seolah mengantar Anda ke masa kecil. Di saat mainan dari kayu atau yang terbuat seadanya, bisa bikin hati riang gembira. Tak kalah seru, dengan permainan tablet dan gadget-gadget yang digunakan anak-anak saat ini. Anda pun dapat mengajak buah hati atau keponakan buat mengajari berbagai permainannya.

Ada nilai kebersamaan dan keseruan yang diraih dari tiap-tiap permainannya. Permainan teknologi memang canggih, namun permainan tradisional di Museum Anak Kolong Tangga juga menarik untuk dicoba. Sedikit rasa miris, pendiri museumnya rupanya seniman Belgia bernama Rudi Corens. Dia membangun museumnya di tahun 2008, dengan didasari rasa kecemasan akan punahnya mainan tradisional.

Belum lagi, masih ada boneka kayu pinokio dan sejumlah mainan anak dari seluruh dunia. Khusus yang ini, mainannya tersimpan dalam etalase kaca yang diberi label dengan keterangan nama, negara asal, dan sejarah yang melatarbelakangi kehadirannya. Bila ditotal, jumlah mainan di Museum Anak Kolong Tangga menyentuh angka 500 buah.

Dia ingin bikin orang-orang buat tidak melupakan budaya, yang salah satunya berupa mainan tradisional. Museum Anak Kolong Tangga terletak di Jl Sri Wedani No 1, yang masih termasuk bagian dari Taman Budaya Yogyakarta. Tiket masuknya murah, tak lebih dari Rp 5 ribu. Selamat datang di museum mainan pertama di Indonesia ini!
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "4 Museum Terunik di Indonesia"

wah baru tau gan.. makasih atas infonya ya gan

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Clayton88

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Dilarang ^-^

 
Copyright © 2015 Clayton88 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top