'Kumpulan Berita Menarik '

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia | Clayton88

Clayton88

Kumpulan Berita Menarik

Powered by Blogger.

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia - Sejumlah tanaman, baik tumbuhan buah atau bunga, rupanya mempunyai sesuatu yang sangat luar biasa. Beberapa ada yang berguna untuk binatang dan manusia. Tapi ada juga yang terlihat sangat menarik dan cantik namun rupanya beracun dan mematikan!

Berikut ini 15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia :

1. Angel’s Trumpet

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Tanaman ini banyak dipakai sebagai tanaman hias, walau nyaris semua bagiannya beracun kecuali benihnya. Tanaman ini mengandung skopolamin, hiosiamin, dan beberapa alkaloid tropane lainnya. Selain menyebabkan kelumpuhan dan kematian, racun ini juga menghasilkan halusinasi yang sangat menakutkan.

2. Daphne

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Tumbuhan bunga ini terkenal di Eropa buat wewangian yang sangat menyenangkan. Tapi, daun dan buahnya mengandung mezerein yang menyebabkan penyakit seperti diare, iritasi mulut dan muntah. Dalam dosis besar bisa menyebabkan kematian. Namun yang paling menarik adalah kalau mezerein merangsang pertumbuhan kanker.

3. Castor Plant

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Asli Afrika Timur dan India, dan sering dibudidayakan jadi tumbuhan hias. Kacang tumbuhan ini mengandung risin, yang menghambat sintesis protein. Seperti racun lain yang menyebabkan masalah dengan sintesis protein, gejalanya akan berlangsung selama beberapa minggu sebelum kematian.

4. Rosary Pea

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Juga populer sebagai “Mata Kepiting“, tanaman ini adalah tanaman asli Indonesia dengan buah yang mirip tasbih. Biji itu mengandung abrin, yang bekerja dengan infiltrasi sel-sel tubuh buat menghambat sintesis protein penting. Tak ada obat penawar buat abrin, dan waktu kematian akan datang bila buahnya tertelan.

5. Belladonna

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Dikenal juga dengan sebutan “Deadly Nightshade“, Belladonna merupakan tumbuhan asli Afrika Utara, Eropa dan Asia Barat. Mengandung alkaloid tropane yang menyebabkan gangguan pernafasan, denyut jantung, dan berkeringat. Ironisnya, racun ini juga sudah dipakai untuk tujuan pengobatan.

6. Narcissus

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Bunga ini terkenal sejak zaman kuno. Buahnya kadang-kadang dikatan sebagai bawang dan mengandung alkaloid lycorine. Bila tertelan, akan menyebabkan ketidaknyamanan ekstrim pada usus dan akhirnya kejang-kejang. Pada dosis yang lebih besar akan mengakibatkan kelumpuhan dan kematian. Tapi, tumbuhan ini juga sudah dipakai untuk sejumlah penyakit, termasuk kanker.

7. Stinging Bush

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Terdapat di hutan Australia dan Indonesia, Stinging Bush jadi Tumbuhan Paling Beracun di Dunia. Daunnya tertutupi oleh bulu-bulu halus yang menyengat bila tersentuh oleh kulit. Racun pada bulu-bulu halus itu akan menghasilkan rasa sakit luar biasa selama beberapa minggu atau bulan.

8. White Snakeroot


Asli Amerika Utara, tumbuhan ini tak membunuh manusia secara langsung. Tumbuhan ini biasanya dimakan oleh sapi yang akan bikin otot dan air susu jadi jenuh dengan racun tremetol. Berefek pada manusia saat daging atau susu sapi itu dikonsumsi. Tremetol menyebabkan muntah, gemetaran dan sakit usus.

9. Oleander

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Terdapat di Mediterania dan Asia, Oleander merupakan salah satu tanaman bunga yang paling dibudidayakan sekaligus yang sangat beracun. Semua bagian tanaman ini mengandung glikosida, yang akan membuat jantung seseorang berhenti.

10. Wolfsbane

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Biasanya didapat pada daerah pegunungan Eropa Utara dan Asia, Wolfsbane merupakan genus dari lebih dari 250 spesies tumbuhan. Mengandung pseudaconitine alkaloid yang bila tertelan akan bikin sesak napas. Tumbuhan ini sangat berbahaya sebab bisa diserap lewat kulit. Tanaman ini juga sudah dipakai pada busur panah atau tombak buat berburu.

11. Moonseed

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Asli bagian timur Amerika Utara, Moonseed kelihatan seperti anggur merah yang lezat. Sayangnya, buah ini cukup buat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian dalam dosis yang lebih tinggi.

12. Manchineel Tree

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Berasal dari Bahama, Florida dan Karibia, pohon ini bisa membunuh manusia dengan beberapa cara. Yang pertama merupakan getah pohon ini mengandung banyak racun saat terkena air hujan. Kedua merupakan pohon ini menghasilkan buah yang rasanya manis seperti apel namun beracun.

13. Doll’s Eyes

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Terletak di bagian utara dan timur Amerika Utara, tumbuhan ini punya buah yang terasa manis dan sudah diklaim jadi penyebab kematian banyak anak. Usai tertelan, racunnya mulai bekerja pada otot-otot jantung yang menyebabkan serangan jantung.

14. Water Hemlock

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Tumbuhan ini sering terdapat di iklim hangat dari belahan bumi utara. Tumbuhan ini terkenal sebab pernah dipakai untuk mengeksekusi seorang filsuf, Socrates. Mengandung cicutoxin yang bila tertelan akan menyebabkan kejang selama 15 menit, dan kegagalan pernafasan.

15. English Yew

15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia

Tumbuhan English Yew merupakan asli Eropa. Toksin yang terkandung merupakan taxine di semua bagian pohon kecuali buah yang mengelilingi biji pohon. Taxine bisa menyebabkan kelumpuhan dan kejang-kejang. Hal ini pernah dipakai buat aborsi dan tujuan pengobatan lainnya, tapi berakhir pada kematian.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "15 Tumbuhan Paling Mematikan di Dunia"

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Clayton88

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Dilarang ^-^

 
Copyright © 2015 Clayton88 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top