'Kumpulan Berita Menarik '

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia | Clayton88

Clayton88

Kumpulan Berita Menarik

Powered by Blogger.

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia - Arwana memiliki nama latin Scleopages sp. Arwana dikatakan ikan naga (dragon fish). Arwana sering di anggap sebagai ikan keberuntungan yang bisa mendatangkan hoki dan dipercaya bisa menjaga rumah dari arwah pengganggu. Arwana memiliki bentuk tubuh yang unik, yaitu memanjang dan ramping yang mirip dengan pisau.

Selain itu, arwana juga punya ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang terdapat pada bibir bawahnya. Sungut itu berfungsi sebagai sensor getar buat mengetahui posisi mangsa. Gerakan renang arwana sangat anggun dan sisik-sisiknya yang berkilau menambah cantik sosok arwana.

Arwana termasuk jenis ikan yang dilindungi sebab ketersediaannya di alam dalam jumlah yang terbatas. Hal inilah yang menyebabkan mahalnya harga arwana. Meskipun harganya termasuk mahal, tapi arwana tetap disukai oleh banyak orang sebab keindahannya.

Berikut ini 8 Ikan Arwana Terindah di Dunia :

1. Green Arwana (Arwana Pino)

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

Dikatakan green arwana sebab jenis ini punya warna dasar hijau. Meski pun tak punya ring (warna mengkilap di pinggir sisik) seperti saudaranya Super Red, Red Tail Golden dan Cross Black Golden, green arwana juga punya keindahan tersendiri. Varietas ini dapat ditemukan di Malaysia, Kamboja, Thailand, Indonesia dan Myanmar. Dikalangan pengila ikan hias, ikan ini dipanggil dengan sebutan arwana pino.

2. Arwana Super Red

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

Arwana jenis ini berasal dari Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan bagian barat di sungai kapuas dan danau sentarum. Arwana jenis ini pada dasarnya terbagi lagi jadi beberapa varietas berdasarkan warna, yaitu warna merah darah (blood red), merah cabe/cabai (chili red), merah oranye (orange red).

Arwana jenis ini telah memiliki warna merah pada sirip, ekor, dayung dan sungut sejak kecil yang lalu akan muncul juga di bagian pipi dan pinggir insang. Ring akan mulai terlihat sejak mencapai ukuran 25 cm, tapi belum mengeluarkan warna merah. Warna merah pada badan bakal mulai keluar ketika ikan berumur kurang lebih 3-4 tahun.

Tapi para budibaya ikan hias sering kali memakai trik-trik buat membantu mempercepat perkembangan warna, seperti tanning, pemberian pakan yang bagus buat perkembangan warna, atau dengan menempatkan ikan di kolam yang terkena sinar matahari langsung. Arwana super red adalah salah satu varietas arwana kebanggaan Indonesia. Keanggunan dan warnanya bikin arwana jenis ini sangat diminati di seluruh dunia.

3. Silver Black Arwana

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

Varietas ini berasal dari Amerika Selatan dan punya bentuk tubuh yang sama dengan silver arwana, tapi pada bagian sirip hingga ekor punya warna hitam. Konon warna hitam itu lambat laun akan memudar ketika arwana mulai dewasa.

4. Jardini Arwana (Arwana Irian)

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

Warna yang dipunyai varietas arwana ini cukup unik. Warna dasarnya merupakan hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kuning ke emasan pada bagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) hingga pada sirip dan ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning itu.

Jardini berasal dari australia, meski sering ditemukan di pulau Irian. Maka dari itu jenis ini juga kadang kala dikatakan arwana Irian oleh para pengila ikan hias. Jardini arwana sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu warna dasar lebih gelap dan yang lebih terang. Yang mempunyai warna dasar lebih gelap adalah scleropages jardini dan yang punya dasar lebih terang adalah scleropages leichharti.

5. Cross Black Golden Arwana (X Black Golden)

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

Varietas cross back golden ( x back golden ) ini berasal dari Malaysia, seperti di daerah Perak, Johor, Bukit Merah dan Trengganu. Golden cross back adalah salah satu dari varietas arwana golden. Arwana ini dipanggil cross back sebab pada saat dewasa ring pada sisik bisa sampai melewati punggung. Warna emas yang dimiliki arwana varietas ini cenderung lebih terang/mengkilap.

Golden cross back sedikit susah buat di dapatkan, sehingga harganya pun lebih mahal dari varietas lainnya seperti Super Red. Yang unik dari varietas ini merupakan warna dasarnya yang beragam, mulai dari blue base, purple base, silver base dan gold base. Khusus untuk jenis yang punya warna gold base, lebih cepat mencapai warna yang penuh (umur muda).

6. Silver Arwana (Brazil)

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

Arwana Brazil atau biasa dikatakan Arwana Silver punya bentuk tubuh yang tak sama. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan hingga pada ujung ekor memberi kesan yang sangat anggun ketika berenang. Arwana ini bisa tumbuh sampai 50 – 60 cm.

Jenis ini berasal dari Amerika Selatan, tapi saat ini sudah bisa di kembang biakkan di indonesia. Memang harga dari Arwana jenis ini lebih murah dari jenis Jardini. Tapi bila arwana ini sudah berukuran besar sangat indah buat di pandang.

7. Banjar Red Arwana

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

Jenis ini sering kali dianggap sebagai varietas arwana merah kelas dua. Walau demikian, jenis ini tetap punya ciri dan khasnya sendiri. Sehingga para pengila ikan hias masih tetap mengincar arwana jenis ini sebagai koleksi. Warna sisiknya yang punya warna dasar kehijauan dan membentuk seperti tapal kuda dan sedikit merah muda di usia dewasa bikin arwana jenis ini cukup unik.

Banjar red pada usia mudanya, ukuran 10-15 cm terlihat sangat mirip dengan arwana super red. Dari warna ekor dan sirip yang kemerahan, begitu juga dengan dayung nyaris sama dengan arwana super red. Tapi usai mencapai ukuran 15-20 cm pada umumnya warnanya mulai berubah. Ekor mulai terlihat oranye. Banjar red tak punya ring pada umumnya, sama halnya dengan green arwana. Harga dari banjar red pun lebih mahal dari green arwana.

8. Red Tail Golden Arwana

8 Ikan Arwana Terindah di Dunia

Red tail golden merupakan salah satu varietas golden yang berasal dari Indonesia, khususnya Pekan baru, Sumatera. Arwana jenis ini sifatnya lebih agresif dari Cross Black Golden. Seperti halnya XCross Black Golden, arwana ini juga punya keragaman warna dasar/base color seperti, blue base, green base dan gold base.

Arwana ini bisa tumbuh lebih besar dibanding Cross Black Golden. Kekurangan dari arwana ini merupakan warna sisik pada umumnya tak bisa sampai melalui punggung dan cuma sampai pada level sisik ke 4 (dihitung dari bawah badan ke atas). Harga varietas ini lebih murah dari super red, meski begitu arwana ini tetap mempunyai kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "8 Ikan Arwana Terindah di Dunia"

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Clayton88

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Dilarang ^-^

 
Copyright © 2015 Clayton88 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top