'Kumpulan Berita Menarik '

5 Air Terjun Paling Unik di Dunia | Clayton88

Clayton88

Kumpulan Berita Menarik

Powered by Blogger.

5 Air Terjun Paling Unik di Dunia

5 Air Terjun Paling Unik di Dunia - Air terjun merupakan suatu bentuk kejadian alam yang menakjubkan di muka bumi. Air di dataran tinggi mengalir lewat sela-sela bebatuan, tanah, atau sungai, di mana arusnya ikut mengikis bebatuan dan tanah yang dilewatinya sampai terciptalah celah lokasi mengalirnya air terjun. Di berbagai belahan dunia banyak terdapat air terjun alami yang menakjubkan. Di antaranya yang paling populer adalah Air Terjun Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada, Air Terjun Victoria di perbatasan Zambia dan Zimbabwe, dan juga Air Terjun Angel di Venezuela.

Ketiga air terjun ini dikatakan sebagai air terjun paling besar dan paling tinggi di dunia, dengan arus derasnya yang menakjubkan sekaligus membahayakan. Walaupun begitu, di negara-negara lain masih ada beberapa air terjun yang meskipun tak sebesar Niagara dan Victoria, tapi menyimpan keunikan tiada duanya mirip air terjun yang menyimpan bara api abadi. Salah satunya bahkan ada di Indonesia.

Berikut adalah 5 Air Terjun Paling Unik di Dunia :

1. Air Terjun Plitvice, Kroasia

5 Air Terjun Paling Unik di Dunia

Danau Plitvice adalah salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di Kroasia yang jadi bagian dari Nacionalni Park Plitvicka Jezera atau dalam bahasa Indonesia adalah Taman Nasional Danau Plitvice. Di danau ini terdapat belasan air terjun yang mengalir di sela-sela tebing terjal berlapis lumut dan tumbuhan hijau.

Belasan air terjun kecil di Plitvice berakhir di danau-danau jernih sewarna batu turqoise (pirus) yang adalah pertemuan sejumlah sungai kecil serta sungai-sungai bawah tanah. Danau-danau itu dipisahkan oleh semacam bendungan yang terbentuk secara alami dari endapan tanaman mati, lumut, ganggang, dan bakteri.

2. Air Terjun Mursala, Indonesia

5 Air Terjun Paling Unik di Dunia

Air Terjun Mursala adalah sebuah objek wisata di Mursala, pulau yang terdapat di antara Sumatera dan Pulau Nias. Air terjun ini tersimpan keunikan tersendiri sebab aliran airnya tak jatuh ke sungai atau kolam, namun langsung mengarah ke laut biru.

Tebing granit berwarna kemerahan lokasinya mengalir pun berbentuk melandai seperti kemiringan bukit, tak seperti biasanya tebing air terjun yang punya kemiringan nyaris 180 derajat. Fenomena geologi seperti ini memang jarang terjadi. Di Indonesia sendiri cuma ada dua air terjun seperti ini. Selain Mursala yang jadi kebanggaan Tapanuli, ada pula Air Terjun Kahatola yang terdapat di Maluku.

3. Air Terjun Asik-Asik, Filipina

5 Air Terjun Paling Unik di Dunia

Asik-asik merupakan nama sebuah air terjun menakjubkan yang terletak di Filipina, tepatnya di daerah Alamada, Cotabato Utara. Yang menjadikan air terjun ini unik merupakan airnya yang tak mengalir dari sungai dataran tinggi, namun menyembur dari retakan-retakan tepian tebing yang ditutupi tanaman hijau.

Jadi bila dilihat sekilas kelihatan seolah-olah air terjun keluar secara ajaib dari celah-celah tumbuhan. Air Asik-Asik dikenal dengan jernih dan memiliki khasiat penyembuhan. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang meminumnya tanpa dimasak terlebih dahulu.

4. Izvorul Bigar, Romania

5 Air Terjun Paling Unik di Dunia

Izvorul Bigar adalah salah satu air terjun terindah di Romania sekaligus salah satu air terjun terunik di dunia. Air terjun ini terdapat di barat daya perbatasan Romania, tepatnya di Taman Nasional Cheile Nerei-Beusnisa yang menghuni bagian selatan Pegunungan Anina, Caras-Severin County.

Keistimewaan Izvorul Bigar merupakan pola curahan airnya yang tak biasa, menyebar dan jatuh dalam tetesan-tetesan kecil yang mirip hujan gerimis. Air Izvorul Bigar berasal dari sungai musim semi yang bersumber dari gua di atas bukit, setelah itu mengalir hingga ke tebing Izvorul Bigar setinggi 8 meter yang ditutupi oleh lapisan lumut hijau sebelum akhirnya jatuh dan bergabung dengan aliran Sungai Minis di bawahnya.

5. Eternal Flame Falls, Amerika Serikat

5 Air Terjun Paling Unik di Dunia

Nama air terjun unik ini merupakan Eternal Flame Falls alias Air Terjun Bara Api Abadi. Sesuai dengan namanya, di balik aliran air terjun cantik ini terdapat bara api kecil. Bara sebesar api lilin ini terjadi dikarenakan adanya fenomena yang memicu kebocoran gas alam di bawah air terjun.

Api ini sebenarnya tak benar-benar abadi. Meskipun ia dapat menyala dalam waktu yang lama, bara api di balik aliran air terjun ini dapat padam. Cuma saja biasanya ada saja wisatawan yang berinisiatif untuk menyalakannya lagi. Walaupun begitu api yang menyala di dekat air terjun tetap adalah fenomena yang tak gampang dijumpai.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "5 Air Terjun Paling Unik di Dunia"

air terjun di indonesia gak termasuk air terjun tertinggi atau terbesar di dunia, tapi kalo terunik masuk ya hahahaha

http://clayton88.blogspot.com/2015/03/7-air-terjun-paling-tinggi-di-dunia.html
ada ga di indo air terjun seperti yang ini? :D

Terima kasih sudah berkunjung di Blog Clayton88

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Dilarang ^-^

 
Copyright © 2015 Clayton88 - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top